Tiket kereta Paris – Basel EUR 29, Zurich – Munich EUR 22, Munich –
Vienna EUR 23,2, Vienna – Venice EUR 22, Venice – Milan USD 11, Milan – Paris EUR
35, Paris – London EUR 39. Mau?
Tiket
Paris – Basel, EUR 29.
Tiket Zurich
– Munich, EUR 109,45 untuk 5 orang, atau EUR 21,89 per orang.
Tambah biaya
reservasi EUR 9 untuk satu pemesanan (5 orang) jika mau pilih kursi.
Coba, siapa tuh yang bilang kalau tiket kereta point-to-point (kita
singkat jadi PTP aja deh biar
gampang) keliling Eropa lebih mahal dari Eurail Pass?
Sini, sini, sini……
Plak, plak, plak….
Hehehe… #justkidding.
Kalo ada yang bilang seperti itu, jangan-jangan dia orang travel yang
jualan Eurail Pass, atau orang tsb kurang terinformasi tentang tiket PTP. Pisss
ah…
Seriously, sebelum saya sekeluarga keliling Eropa (lihat itinerary perjalanannya di SINI), entah sudah berapa
puluh blog saya baca untuk cari referensi tiket kereta. Rasanya semua blog bilang bahwa tiket PTP itu lebih mahal daripada
tiket terusan Eurail Pass. Sempat galau, kok nggak seperti yang dibilang di
seat61.com ya, bahwa tiketnya semurah seperti yang saya tulis di atas.
Sampai suatu hari, 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan, iseng2 buka
situs eurostar.com dan BANG! Paris-London EUR 39, London-Paris EUR 59,5! Mantaaap…
two down and many more to go. Browse, browse, browse, dan browse lagi, BANG!
Vienna-Venice EUR 29. Malah sebenarnya secara rata2 per orang harga tiketnya
hanya EUR 23,2, karena pilih tiket Family (5 orang termasuk 2 anak) dan satu
anak saya dapat free ticket. Oh ya, ini juga sama, dibeli 6 bulan sebelum
keberangkatan. Tepatnya dibeli 10 Jan 2016 untuk perjalanan 3 Juli 2016.
That’s it! Keputusan bulat nggak mau pake tiket terusan (Pass) buat
keliling Eropa. Buat apa beli Pass, kalau masih harus bayar reservasi lagi yang
cukup besar. Belum lagi di tiap kereta ternyata ada jatah jumlah penumpang yang
boleh menggunakan Pass. Jadi, walau di kereta masih ada kursi tapi kalau jatah
penumpang dengan Pass sudah tercapai, selamat menunggu kereta berikutnya. So
much for the Pass flexibility..
OK, cut the crap and straight to the point. Gimana caranya dapetin
tiket kereta PTP keliling Eropa yang murah?
1. Plan
Ahead. ‘nuff said. Putuskan mau ke mana, buka google map, liat rute yang
paling ideal, dan sesuaikan dengan jangka waktu perjalanan.
2. Buka
situs Seat61. Ini referensi terbaik
untuk urusan kereta di Eropa. THE BEST! Pelajari tuh semuanya tentang perkeretaan di Eropa. Ada istilah
SNCF, Thello, Thalys, ICE. Ada couchette, sleeper, berth dll.
Jadi kita akan tahu,”Ooo,
ternyata rute dari Paris ke Interlaken naik kereta cepat TGV hanya sampai Basel,
trus ganti dengan kereta non cepat dari Basel ke Interlaken” atau “Ooo, ternyata
kita bisa split booking. Dari Paris – Interlaken, untuk rute internasional dari
Perancis ke Swiss (kota Basel) bisa pesen tiket di situs SNCF,
sedangkan untuk rute domestik di Swiss (Basel-Interlaken) beli di situs SBB
(Swiss Federal Railways),” dan seterusnya.
Home Screen Situs Seat61.com
3. Masih
di situs seat61.com, untuk tiap rute perjalanan, cari tahu seberapa murah sih sebenarnya ‘murah’ itu. Di Home Screen
situs tersebut, pilih field “Trains travel within Europe..” lalu pilih kota asal, misalnya Vienna. Lalu, setelah muncul screen
berikutnya pilih kota tujuan di
field “I want to go from Vienna to…”. Anggap saja kota tujuannya adalah
Venice. Nah di sini kita bisa lihat berapa harga tiket termurah untuk rute Vienna
- Venice, opsi apa saja yang ada untuk pergi dari Vienna ke Venice, naik kereta
apa saja, link yang bisa digunakan untuk membeli tiket dan lain sebagainya. Terlihat
bahwa rute Vienna – Venice bisa dibeli dengan harga mulai dari EUR 29. Gunakan
harga ini di sini sebagai acuan dalam membeli tiket di situs resmi perusahaan
kereta tiap negara.
Mencari acuan harga murah di situs
seat61.com
Bahkan sebenarnya yang saya keluarkan adalah
sekitar EUR 23,2 per kepala, karena saya pergi berlima dan satu anak saya dikasih
free
Vienna – Venice, EUR 116, untuk 5
orang. Rata-rata EUR 23,2 per kepala.
4 4. Gunakan situs RailEurope Asean untuk melihat
breakdown perjalanan kita dari kota asal ke kota tujuan. Jika ragu dengan
nama stasiun asal dan tujuan, pilih saja nama kotanya, maka secara otomatis akan
ditampilkan stasiun keberangkatan dan tujuan. Pilih rute dengan jumlah koneksi
yang paling sedikit.
Kembali ke contoh kita, Paris –
Interlaken, koneksi paling sedikit adalah ‘1 connection’ alias harus berganti
kereta sebanyak satu kali dengan rute yang dipecah menjadi sebagai berikut:
1. Paris Gare de Lyon - Basel
SBB; kereta TGV Lyria; Transit time: 33 minutes
2. Basel SBB - Interlaken West;
IC 967 Eurocities
Abaikan harga di situs tersebut,
karena jauh sekali dari harga murah yang kita incar.
Breakdown Rute Kereta di RailEurope Asean
Cara lainnya adalah dengan install aplikasi
DB
Navigator di smartphone. Meski DB (Deutsche Bahn) ini PJKA nya German,
tapi dia punya data lengkap semua rute kereta di Eropa. Rasanya malah paling
lengkap dibanding perusahaan kereta negara lain.
Breakdown Rute Kereta di Aplikasi DB Navigator
5. Dari
dua bagian perjalanan menuju Interlaken di atas, terlihat bahwa ada dua jenis
kereta yang digunakan, yaitu TGV dan IC, di mana TGV digunakan untuk rute antar-negara
Paris ke Swiss dan berhenti di kota Basel (yang pernah belajar sertifikasi
Manajemen Risiko pasti tau nama kota ini), sedangkan IC digunakan untuk rute
domestik di Swiss dari kota Basel ke Interlaken. Carilah tiket bagian pertama
(Paris-Basel) di situs kereta Perancis SNCF. Karena
bagian kedua perjalanan (Basel-Interlaken) adalah di domestik Swiss, gunakan SBB untuk membeli tiket
6 6. Untuk
rute kereta antar-negara, sebenarnya kita punya dua pilihan yaitu untuk membeli
tiket di situs PJKA negara asal atau negara tujuan. Coba bandingkan, untuk rute
yang sama mana yang lebih murah, apakah beli di situs negara asal atau negara
tujuan. Contoh: untuk rute Vienna, Austria, ke Venice, Italia, ternyata lebih
murah beli tiket di situs OBB, PJKAnya Austria, dibandingkan beli di situs PJKA
Italia. Begitu juga untuk rute Munich – Vienna, lebih murah di DB Bahn
(Germany) dibanding beli di OBB (Austria). Untuk rute Milan – Paris, malah
lebih murah beli di SNCF dibandingkan dengan dengan di italiarail.
Berikut link perusahaan kereta
resmi beberapa negara:
Untuk Perancis beli tiket kereta
di SNCF
Untuk Swiss di SBB
Untuk Jerman di DB Bahn
Untuk Austria di OBB
Untuk Italia: kereta malam Thello atau italiarail
7 7. Gunakan
langkah-langkah yang sama seperti saya sebutkan di atas untuk rute-rute lainnya.
Dan selalu beli tiket di situs resmi perusahaan kereta tiap negara karena pasti
lebih murah dibandingkan dari situs swasta lainnya seperti loco2.com, captaintrain.com,
dsb.
TIPS AND TRICKS:
1 1. Tiket dijual rata-rata 90 hari atau 120 hari
sebelum keberangkatan, meski tidak menutup kemungkinan tiket dijual 5 atau 6 bulan
sebelumnya seperti rute Paris-London pp atau Vienna - Venice. Ada juga yang
menjual tiket bukan dalam satuan hari melainkan satuan bulan, misalnya tanggal yang sama 4
bulan sebelumnya. Contoh: tiket untuk keberangkatan tanggal 28 Juni 2016 baru
bisa dibeli mulai tanggal 28 Feb 2016, yang kalau dihitung jumlah harinya tidak
persis 120 hari. Khusus domestik Swiss, pembelian tiket baru bisa dilakukan di
tanggal yang sama 1 bulan sebelumnya. Berarti untuk keberangkatan 28 Juni 2016
baru bisa dibeli di 28 Mei 2016.
2 2. Beberapa situs tidak akan memunculkan tanggal di
kalender untuk tanggal perjalanan yang belum mereka jual. Kalau case-nya
seperti ini jelas bahwa memang belum bisa beli tiket untuk tanggal yang kita
inginkan. Hitung saja berapa selisih hari dari tanggal perjalanan yang kita
inginkan dengan tanggal terakhir yang ada di kalender tersebut. Misalnya kita
mau beli tiket Venice-Paris untuk tanggal 4 Juli 2016 di Thello, tetapi kalender di situs
tersebut hanya menampilkan maksimal
tanggal 2 Juli 2016. Nah, silakan kunjungi situs tersebut dua hari lagi.
3 3. Beberapa situs lainnya akan tetap memunculkan
tanggal di kalender sesuai tanggal keberangkatan kita, namun dengan harga tiket
yang bukan promo. Nah, itulah gunanya kita tahu berapa harga tiket murah untuk
rute tersebut seperti dijelaskan di atas. Jadi kalau kita lihat harganya jauh
sekali dari harga termurah, berarti tanggal tersebut belum promo. Saran saya:
coba-coba masukkan tanggal yang berbeda dan lihat apa ada perbedaan harga yang
signifikan. Catat berapa selisih hari dari tanggal kita browsing dengan tanggal
yang terdapat tiket murah. Gunakan selisih hari tersebut untuk mencari tiket di
tanggal keberangkatan kita.
4 4. Set reminder untuk pembelian tiket. Beberapa situs
memiliki fitur untuk reminder ke alamat email kita jika tiket untuk tanggal
yang kita inginkan sudah bisa dibeli. Tapi jangan terlalu bergantung dengan
reminder dari situs tersebut, lebih baik set saja reminder di HP. Pengalaman
saya, mereka kasih remindernya telat.
Reminder dari SNCF
5 5. Perlu diingat bahwa untuk rute yang sama di jam
keberangkatan yang berbeda, bisa jadi akan berhenti di stasiun yang berbeda namun masih di kota yang sama,
contoh: Munich – Vienna. Kalau naik kereta jam 06.20 kereta akan tiba di Vienna
Haupbahnhoff menggunakan Railjet, sedangkan berangkat jam 06:55 akan tiba di
Vienna Westbahnhof. Hal ini penting karena bisa saja kita sudah book hotel yang
dekat dengan lokasi stasiun Wien Haupbahnnof namun ternyata harus geser waktu
keberangkatan padahal untuk jam tersebut kereta akan berhenti di stasiun Wien Westbahnhoff.
6 6. Beberapa situs seperti SNCF akan minta kita
untuk redirect ke situs lain seperti RailEurope Asean.
Jangan mau. Pilih stay di situs original (SNCF), karena tiket di address
redirect itu lebih mahal.
7 7. Untuk
rute kereta malam Venice-Paris naik kereta Thello, kita bisa beli tiket untuk
dua orang menggunakan satu nama. Untuk apa? Jika pergi berlima, sementara
pilihan kereta tidur di Thello adalah untuk berdua, berempat, atau berenam,
jelas lebih ekonomis kalau pilih couchette
yang berenam. Selain itu kita juga bisa kumpul dalam satu ruangan. Tapi berarti
muncul risiko ada orang keenam yang kita tidak tau siapa yang akan stay the
night bareng kita. Nah, jalan keluarnya, beli enam tiket untuk 5 orang.
Masukkan nama orang keenam dengan salah satu nama kita. Done. The whole room is
ours.
Caution: Try this at your own risk. Meski hal
tersebut di atas lolos di internet booking, saya tidak tahu apakah hal ini
diijinkan atau tidak diijinkan kondektur. Saya sendiri batal naik Thello karena
mau mampir dulu ke Milan.
8 8. Tiket termurah untuk rute Venice – Paris adalah
EUR 35 menggunakan kereta malam Thello. Tapi jangan kaget jika di Thello kita sudah dapat tiket EUR 35,
tetapi begitu kita klik lebih lanjut harganya naik menjadi EUR 81.
By default, tiket yang ditawarkan
adalah tipe Go
Jangan khawatir, pilih saja di dropdown
list di kolom Offer dan ubah dari Go menjadi Smart. Sesuai definisi di CaptainTrain:
- Smart: this ticket type is strictly not exchangeable and non refundable. Though it is also the cheapest one available.
- Go: these tickets are refundable up to 24 hours before departure, with a deduction of 50%. This means you will only receive 50% of the original price paid as a refund
9 9. Kategori usia anak-anak berbeda di tiap negara.
Swiss yang paling tua, karena sampai dengan 16 tahun masih dianggap anak-anak.
Italia 14 tahun. Ini hubungannya adalah dengan diskon harga untuk anak-anak
seperti contoh untuk rute Vienna – Venice di atas. Juga untuk Swiss Half Fare
Card.
1 10. Harga
tiket kereta di Swiss, menurut saya, termasuk yang mahal. Untuk mengatasinya
bisa pakai Swiss Half Fare Card. Dengan Half Fare Card kita bisa beli banyak rute
kereta, kapal, dsb di domestik Swiss dengan harga setengahnya, PLUS tiket
gratis untuk anak yang belum berulangtahun ke 16 pada saat perjalanan, jika anak tersebut pergi bersama orang dewasa pemegang Card. Tiket
gratis untuk anak ini pakai Swiss Family Card yang bisa kita dapatkan secara gratis
pada saat pemesanan Swiss Half Fare Card.
Harga
Half Fare Card sebenarnya cukup tinggi, jadi akan lebih menguntungkan kalau
dipakai untuk beli tiket lain seperti ke Jungfraujoch. Hitungannya gini. Tiket Jungfraujoch itu
mahal banget, sekitar 204 CHF pp. Saya pergi sekeluarga dengan dua anak di
bawah 16 tahun, berarti harus beli dua tiket Half Fare Card senilai 120 CHF, dikali
dua berarti total 240 CHF. Setelah pegang Half Fare Card bisa beli tiket ke
Jungfrau setengah harga (102 CHF) dikali dua orang, sama dengan 204 CHF. Dua
anak saya free! Jadi totalnya adalah 240 CHF untuk 2 tiket Half Fare Card dan 204
CHF untuk 2 orang ke Jungfrau. Total 444 CHF, untuk 4 orang pergi ke Jungfrau.
Bayangkan kalau beli tanpa Half Fare Card: 4 dikali 204 CHF = 816 CHF! Ada
selisih 816 CHF dikurang 444 CHF yaitu sebesar 372 CHF, atau hampir 5 juta
rupiah dengan kurs sekarang. Hemat kan?
Note bahwa Half Fare Card juga dijual
untuk warga negara Swiss dan berlaku setahun, berbeda dengan untuk visitor yang
hanya berlaku sebulan. Tentu saja yang berlaku setahun lebih mahal. Belilah
tiket ini di situs resmi SBB dan cari di bagian International Guests atau
Visitors from Abroad. Selain lebih murah dan tanpa fee macam-macam, di situs
SBB ini usia anak bisa sampai 15,99 tahun (alias 16 tahun kurang sehari).
Sedangkan di situs lain, pada saat memasukkan tanggal lahir anak hanya sampai
usia 15 tahun. Contoh: anak saya lahir Juli 2000 dan Half Fare Card dibeli
untuk trip di Juli 2016, sebelum ultah anak ke 16. Di situs lain hanya ada
pilihan tahun kelahiran anak maksimal di tahun 2001.
OK. Saya rasa informasi yang saya sampaikan sudah cukup sebagai modal
berburu tiket kereta murah keliling Eropa. Kuncinya adalah di tanggal. Begitu
sudah tanggalnya untuk promo, maka tiket akan dijual dengan murah. Simple. Jauh
lebih mudah dari berburu tiket pesawat ‘murah’ yang tidak jelas di mana letak
tanggal murahnya.
Have fun and have a memorable trip!
(c) images: private collections ++; words: by MZ
12 comments:
Terima kasih informasinya
hellooo. Mau nanyaa untuk pemesanan tiket kereta PTP apakah wajib booking seat juga? klo ngga booking seat, ada kesempatan tidak bisa naik kereta kah karena seat nya penuh? thnks
Pemesanan tiket kereta Point to Point itu sudah termasuk biaya reservasi, artinya kita pasti dapat tempat duduk, tapi duduknya dulu2an dengan penumpang lain. Kalau mau pilih posisi duduk, ada small fee yg harus kita bayar. Contohnya di rute Zurich-Munchen saya bayar 9 EUR untuk 1 kode pemesanan (5 orang).
Info sangat membantu dalam pencarian tiket murah.
Terima kasih.
Hii
Reservasi seat untuk tiket jarak jauh harus di stasionnya ya apa bisa di web jg?
Untuk tiket jungfraujoch, pakai swiss half fare anak2 free atau 50%. Dan untuk promo ini harus beli tiket di loket atau berlaku untuk online jg? Terima kasih
Semua reservasi yang saya lakukan adalah online. Untuk Jungfrau, waktu itu saya beli tiket di loket di stasiun Interlaken Ost (bisa juga di Interlaken West, malah di sini counternya lebih besar) dengan menunjukkan Swiss Half Fare yang dibeli online.
Seperti tertulis di blog saya, anak-anak yang pergi bersama orang dewasa pemilik half fare tiketnya FREE selama belum berumur 16 tahun.
Saya suka sekali dengan blognya. Sangat lengkap :)
Saya juga berencana ke Swiss. Tapi apakah saya bisa menggunakan swiss half card apabila stay di swiss hanya 3 hari saja?
Oya, saya juga mau tanya, kalau punya half fare, apa bisa pergi gratis dari Luzern ke Zurich menggunakan kereta? dan juga dari Luzern ke Engelberg?
Karena di swiss nanti saya hanya singgah di Luzern, Zurich, dan Engelberg utk ke Mt titlis
Apa dengan Half Fare itu dapat menjangkau ke semua daerah tsb dengan GRATIS termasuk bis, kapal, trem, dll?
atau bayar 50%?
Mohon info lengkapnya, Mba.. Terima kasih :)
Terimakasih sudah mampir ke blog saya. Swiss Half Fare Card berlaku untuk 1 bulan.
Sesuai namanya, half fare card (kartu setengah harga), hanya memberikan discount 50% untuk rute kereta, bis, boat (cruise), dan beberapa rute cable car. Pastikan aja sebelum membeli tiket menunjukkan Half Fare Card kepada petugas agar diberikan potongan 50%. Yg gratis itu adalah untuk anak2. Setiap 1 orang dewasa pemegang half fare card, anaknya (jika di bawah 16 tahun) gratis.
btw, saya laki2 bukan mbak :)
Sangat bermanfaat infonya. Saya berencana ke swiss akhir April ini. Mohon info teknis pembelian Half Fare Cardnya. Apakah memungkinkan beli di aplikasi SBB? Kartunya dikirim fisik atau pakai kode/barcode?
Wah maaf telat baca komen dari 'Cerita Dapron' hehe...pasti sudah balik dari Swiss nih..
Post a Comment