14 July 2016

Step by Step Berburu Tiket Kereta Murah Keliling Eropa

Tiket kereta Paris – Basel EUR 29, Zurich – Munich EUR 22, Munich – Vienna EUR 23,2, Vienna – Venice EUR 22, Venice – Milan USD 11, Milan – Paris EUR 35, Paris – London EUR 39. Mau?


Tiket Paris – Basel, EUR 29.

Tiket Zurich – Munich, EUR 109,45 untuk 5 orang, atau EUR 21,89 per orang.
Tambah biaya reservasi EUR 9 untuk satu pemesanan (5 orang) jika mau pilih kursi.


Tiket Munich – Vienna, EUR 116 untuk 5 orang, atau EUR 23,2 per orang.


Tiket Venice – Milan, USD 57 untuk 5 orang atau USD 11,4 per orang.



Tiket Milan – Paris, EUR 35.


Tiket Paris - London, EUR 39.


Coba, siapa tuh yang bilang kalau tiket kereta point-to-point (kita singkat jadi PTP aja deh biar gampang) keliling Eropa lebih mahal dari Eurail Pass?

Sini, sini, sini……
Plak, plak, plak….
Hehehe…  #justkidding.
Kalo ada yang bilang seperti itu, jangan-jangan dia orang travel yang jualan Eurail Pass, atau orang tsb kurang terinformasi tentang tiket PTP. Pisss ah…

Seriously, sebelum saya sekeluarga keliling Eropa (lihat itinerary perjalanannya di SINI), entah sudah berapa puluh blog saya baca untuk cari referensi tiket kereta. Rasanya semua blog bilang bahwa tiket PTP itu lebih mahal daripada tiket terusan Eurail Pass. Sempat galau, kok nggak seperti yang dibilang di seat61.com ya, bahwa tiketnya semurah seperti yang saya tulis di atas.

Sampai suatu hari, 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan, iseng2 buka situs eurostar.com dan BANG! Paris-London EUR 39, London-Paris EUR 59,5! Mantaaap… two down and many more to go. Browse, browse, browse, dan browse lagi, BANG! Vienna-Venice EUR 29. Malah sebenarnya secara rata2 per orang harga tiketnya hanya EUR 23,2, karena pilih tiket Family (5 orang termasuk 2 anak) dan satu anak saya dapat free ticket. Oh ya, ini juga sama, dibeli 6 bulan sebelum keberangkatan. Tepatnya dibeli 10 Jan 2016 untuk perjalanan 3 Juli 2016.

That’s it! Keputusan bulat nggak mau pake tiket terusan (Pass) buat keliling Eropa. Buat apa beli Pass, kalau masih harus bayar reservasi lagi yang cukup besar. Belum lagi di tiap kereta ternyata ada jatah jumlah penumpang yang boleh menggunakan Pass. Jadi, walau di kereta masih ada kursi tapi kalau jatah penumpang dengan Pass sudah tercapai, selamat menunggu kereta berikutnya. So much for the Pass flexibility..

OK, cut the crap and straight to the point. Gimana caranya dapetin tiket kereta PTP keliling Eropa yang murah?

1. Plan Ahead. ‘nuff said. Putuskan mau ke mana, buka google map, liat rute yang paling ideal, dan sesuaikan dengan jangka waktu perjalanan.

2. Buka situs Seat61. Ini referensi terbaik untuk urusan kereta di Eropa. THE BEST! Pelajari tuh semuanya tentang perkeretaan di Eropa. Ada istilah SNCF, Thello, Thalys, ICE. Ada couchette, sleeper, berth dll.

Jadi kita akan tahu,”Ooo, ternyata rute dari Paris ke Interlaken naik kereta cepat TGV hanya sampai Basel, trus ganti dengan kereta non cepat dari Basel ke Interlaken” atau “Ooo, ternyata kita bisa split booking. Dari Paris – Interlaken, untuk rute internasional dari Perancis ke Swiss (kota Basel) bisa pesen tiket di situs SNCF, sedangkan untuk rute domestik di Swiss (Basel-Interlaken) beli di situs SBB (Swiss Federal Railways),” dan seterusnya.

Home Screen Situs Seat61.com

   3. Masih di situs seat61.com, untuk tiap rute perjalanan, cari tahu seberapa murah sih sebenarnya ‘murah’ itu. Di Home Screen situs tersebut, pilih field “Trains travel within Europe..” lalu pilih kota asal,  misalnya Vienna. Lalu, setelah muncul screen berikutnya pilih kota tujuan di field “I want to go from Vienna to…”. Anggap saja kota tujuannya adalah Venice. Nah di sini kita bisa lihat berapa harga tiket termurah untuk rute Vienna - Venice, opsi apa saja yang ada untuk pergi dari Vienna ke Venice, naik kereta apa saja, link yang bisa digunakan untuk membeli tiket dan lain sebagainya. Terlihat bahwa rute Vienna – Venice bisa dibeli dengan harga mulai dari EUR 29. Gunakan harga ini di sini sebagai acuan dalam membeli tiket di situs resmi perusahaan kereta tiap negara.

Mencari acuan harga murah di situs seat61.com

Tiket Vienna – Venice yg saya beli dengan harga EUR 29, persis seperti kata seat61.com. 
Bahkan sebenarnya yang saya keluarkan adalah sekitar EUR 23,2 per kepala, karena saya pergi berlima dan satu anak saya dikasih free

Vienna – Venice, EUR 116, untuk 5 orang. Rata-rata EUR 23,2 per kepala.

4  4. Gunakan situs RailEurope Asean untuk melihat breakdown perjalanan kita dari kota asal ke kota tujuan. Jika ragu dengan nama stasiun asal dan tujuan, pilih saja nama kotanya, maka secara otomatis akan ditampilkan stasiun keberangkatan dan tujuan. Pilih rute dengan jumlah koneksi yang paling sedikit.

Kembali ke contoh kita, Paris – Interlaken, koneksi paling sedikit adalah ‘1 connection’ alias harus berganti kereta sebanyak satu kali dengan rute yang dipecah menjadi sebagai berikut:
1. Paris Gare de Lyon - Basel SBB; kereta TGV Lyria; Transit time: 33 minutes
2. Basel SBB - Interlaken West; IC 967 Eurocities
Abaikan harga di situs tersebut, karena jauh sekali dari harga murah yang kita incar.

Breakdown Rute Kereta di RailEurope Asean

Cara lainnya adalah dengan install aplikasi DB Navigator di smartphone. Meski DB (Deutsche Bahn) ini PJKA nya German, tapi dia punya data lengkap semua rute kereta di Eropa. Rasanya malah paling lengkap dibanding perusahaan kereta negara lain.
Breakdown Rute Kereta di Aplikasi DB Navigator

5. Dari dua bagian perjalanan menuju Interlaken di atas, terlihat bahwa ada dua jenis kereta yang digunakan, yaitu TGV dan IC, di mana TGV digunakan untuk rute antar-negara Paris ke Swiss dan berhenti di kota Basel (yang pernah belajar sertifikasi Manajemen Risiko pasti tau nama kota ini), sedangkan IC digunakan untuk rute domestik di Swiss dari kota Basel ke Interlaken. Carilah tiket bagian pertama (Paris-Basel) di situs kereta Perancis SNCF. Karena bagian kedua perjalanan (Basel-Interlaken) adalah di domestik Swiss, gunakan SBB untuk membeli tiket

6   6. Untuk rute kereta antar-negara, sebenarnya kita punya dua pilihan yaitu untuk membeli tiket di situs PJKA negara asal atau negara tujuan. Coba bandingkan, untuk rute yang sama mana yang lebih murah, apakah beli di situs negara asal atau negara tujuan. Contoh: untuk rute Vienna, Austria, ke Venice, Italia, ternyata lebih murah beli tiket di situs OBB, PJKAnya Austria, dibandingkan beli di situs PJKA Italia. Begitu juga untuk rute Munich – Vienna, lebih murah di DB Bahn (Germany) dibanding beli di OBB (Austria). Untuk rute Milan – Paris, malah lebih murah beli di SNCF dibandingkan dengan dengan di italiarail.

Berikut link perusahaan kereta resmi beberapa negara:
Untuk Perancis beli tiket kereta di SNCF
Untuk Swiss di SBB 
Untuk Jerman di DB Bahn 
Untuk Austria di OBB 
Untuk Italia: kereta malam Thello atau italiarail 

7  7. Gunakan langkah-langkah yang sama seperti saya sebutkan di atas untuk rute-rute lainnya. Dan selalu beli tiket di situs resmi perusahaan kereta tiap negara karena pasti lebih murah dibandingkan dari situs swasta lainnya seperti loco2.com, captaintrain.com, dsb.

TIPS AND TRICKS:
1  1. Tiket dijual rata-rata 90 hari atau 120 hari sebelum keberangkatan, meski tidak menutup kemungkinan tiket dijual 5 atau 6 bulan sebelumnya seperti rute Paris-London pp atau Vienna - Venice. Ada juga yang menjual tiket bukan dalam satuan hari melainkan satuan bulan, misalnya tanggal yang sama 4 bulan sebelumnya. Contoh: tiket untuk keberangkatan tanggal 28 Juni 2016 baru bisa dibeli mulai tanggal 28 Feb 2016, yang kalau dihitung jumlah harinya tidak persis 120 hari. Khusus domestik Swiss, pembelian tiket baru bisa dilakukan di tanggal yang sama 1 bulan sebelumnya. Berarti untuk keberangkatan 28 Juni 2016 baru bisa dibeli di 28 Mei 2016.

2   2. Beberapa situs tidak akan memunculkan tanggal di kalender untuk tanggal perjalanan yang belum mereka jual. Kalau case-nya seperti ini jelas bahwa memang belum bisa beli tiket untuk tanggal yang kita inginkan. Hitung saja berapa selisih hari dari tanggal perjalanan yang kita inginkan dengan tanggal terakhir yang ada di kalender tersebut. Misalnya kita mau beli tiket Venice-Paris untuk tanggal 4 Juli 2016 di Thello, tetapi kalender di situs tersebut  hanya menampilkan maksimal tanggal 2 Juli 2016. Nah, silakan kunjungi situs tersebut dua hari lagi.

3  3. Beberapa situs lainnya akan tetap memunculkan tanggal di kalender sesuai tanggal keberangkatan kita, namun dengan harga tiket yang bukan promo. Nah, itulah gunanya kita tahu berapa harga tiket murah untuk rute tersebut seperti dijelaskan di atas. Jadi kalau kita lihat harganya jauh sekali dari harga termurah, berarti tanggal tersebut belum promo. Saran saya: coba-coba masukkan tanggal yang berbeda dan lihat apa ada perbedaan harga yang signifikan. Catat berapa selisih hari dari tanggal kita browsing dengan tanggal yang terdapat tiket murah. Gunakan selisih hari tersebut untuk mencari tiket di tanggal keberangkatan kita.

4  4. Set reminder untuk pembelian tiket. Beberapa situs memiliki fitur untuk reminder ke alamat email kita jika tiket untuk tanggal yang kita inginkan sudah bisa dibeli. Tapi jangan terlalu bergantung dengan reminder dari situs tersebut, lebih baik set saja reminder di HP. Pengalaman saya, mereka kasih remindernya telat.

Reminder dari SNCF

5   5. Perlu diingat bahwa untuk rute yang sama di jam keberangkatan yang berbeda, bisa jadi akan berhenti di stasiun  yang berbeda namun masih di kota yang sama, contoh: Munich – Vienna. Kalau naik kereta jam 06.20 kereta akan tiba di Vienna Haupbahnhoff menggunakan Railjet, sedangkan berangkat jam 06:55 akan tiba di Vienna Westbahnhof. Hal ini penting karena bisa saja kita sudah book hotel yang dekat dengan lokasi stasiun Wien Haupbahnnof namun ternyata harus geser waktu keberangkatan padahal untuk jam tersebut kereta akan berhenti di stasiun Wien Westbahnhoff.

6  6. Beberapa situs seperti SNCF akan minta kita untuk redirect ke situs lain seperti RailEurope Asean. Jangan mau. Pilih stay di situs original (SNCF), karena tiket di address redirect itu lebih mahal.

7   7. Untuk rute kereta malam Venice-Paris naik kereta Thello, kita bisa beli tiket untuk dua orang menggunakan satu nama. Untuk apa? Jika pergi berlima, sementara pilihan kereta tidur di Thello adalah untuk berdua, berempat, atau berenam, jelas lebih ekonomis kalau pilih couchette yang berenam. Selain itu kita juga bisa kumpul dalam satu ruangan. Tapi berarti muncul risiko ada orang keenam yang kita tidak tau siapa yang akan stay the night bareng kita. Nah, jalan keluarnya, beli enam tiket untuk 5 orang. Masukkan nama orang keenam dengan salah satu nama kita. Done. The whole room is ours.
Caution: Try this at your own risk. Meski hal tersebut di atas lolos di internet booking, saya tidak tahu apakah hal ini diijinkan atau tidak diijinkan kondektur. Saya sendiri batal naik Thello karena mau mampir dulu ke Milan.

8  8. Tiket termurah untuk rute Venice – Paris adalah EUR 35 menggunakan kereta malam Thello. Tapi jangan kaget jika di Thello kita sudah dapat tiket EUR 35, tetapi begitu kita klik lebih lanjut harganya naik menjadi EUR 81.

By default, tiket yang ditawarkan adalah tipe Go

Jangan khawatir, pilih saja di dropdown list di kolom Offer dan ubah dari Go menjadi Smart. Sesuai definisi di CaptainTrain:
  • Smart: this ticket type is strictly not exchangeable and non refundable. Though it is also the cheapest one available.
  • Go: these tickets are refundable up to 24 hours before departure, with a deduction of 50%. This means you will only receive 50% of the original price paid as a refund
Maka harganya akan berubah menjadi seperti ini:

9   9. Kategori usia anak-anak berbeda di tiap negara. Swiss yang paling tua, karena sampai dengan 16 tahun masih dianggap anak-anak. Italia 14 tahun. Ini hubungannya adalah dengan diskon harga untuk anak-anak seperti contoh untuk rute Vienna – Venice di atas. Juga untuk Swiss Half Fare Card.

1  10. Harga tiket kereta di Swiss, menurut saya, termasuk yang mahal. Untuk mengatasinya bisa pakai Swiss Half Fare Card. Dengan Half Fare Card kita bisa beli banyak rute kereta, kapal, dsb di domestik Swiss dengan harga setengahnya, PLUS tiket gratis untuk anak yang belum berulangtahun ke 16 pada saat perjalanan, jika anak tersebut pergi bersama orang dewasa pemegang Card. Tiket gratis untuk anak ini pakai Swiss Family Card yang bisa kita dapatkan secara gratis pada saat pemesanan Swiss Half Fare Card.


Swiss Half Fare Card



Swiss Family Card, untuk anak sampai dengan 15,99 tahun :)

Harga Half Fare Card sebenarnya cukup tinggi, jadi akan lebih menguntungkan kalau dipakai untuk beli tiket lain seperti ke Jungfraujoch. Hitungannya gini. Tiket Jungfraujoch itu mahal banget, sekitar 204 CHF pp. Saya pergi sekeluarga dengan dua anak di bawah 16 tahun, berarti harus beli dua tiket Half Fare Card senilai 120 CHF, dikali dua berarti total 240 CHF. Setelah pegang Half Fare Card bisa beli tiket ke Jungfrau setengah harga (102 CHF) dikali dua orang, sama dengan 204 CHF. Dua anak saya free! Jadi totalnya adalah 240 CHF untuk 2 tiket Half Fare Card dan 204 CHF untuk 2 orang ke Jungfrau. Total 444 CHF, untuk 4 orang pergi ke Jungfrau. Bayangkan kalau beli tanpa Half Fare Card: 4 dikali 204 CHF = 816 CHF! Ada selisih 816 CHF dikurang 444 CHF yaitu sebesar 372 CHF, atau hampir 5 juta rupiah dengan kurs sekarang. Hemat kan?

Note bahwa Half Fare Card juga dijual untuk warga negara Swiss dan berlaku setahun, berbeda dengan untuk visitor yang hanya berlaku sebulan. Tentu saja yang berlaku setahun lebih mahal. Belilah tiket ini di situs resmi SBB dan cari di bagian International Guests atau Visitors from Abroad. Selain lebih murah dan tanpa fee macam-macam, di situs SBB ini usia anak bisa sampai 15,99 tahun (alias 16 tahun kurang sehari). Sedangkan di situs lain, pada saat memasukkan tanggal lahir anak hanya sampai usia 15 tahun. Contoh: anak saya lahir Juli 2000 dan Half Fare Card dibeli untuk trip di Juli 2016, sebelum ultah anak ke 16. Di situs lain hanya ada pilihan tahun kelahiran anak maksimal di tahun 2001.


OK. Saya rasa informasi yang saya sampaikan sudah cukup sebagai modal berburu tiket kereta murah keliling Eropa. Kuncinya adalah di tanggal. Begitu sudah tanggalnya untuk promo, maka tiket akan dijual dengan murah. Simple. Jauh lebih mudah dari berburu tiket pesawat ‘murah’ yang tidak jelas di mana letak tanggal murahnya.

Have fun and have a memorable trip!

(c) images: private collections ++; words: by MZ

12 comments:

Unknown said...

Terima kasih informasinya

Anonymous said...

hellooo. Mau nanyaa untuk pemesanan tiket kereta PTP apakah wajib booking seat juga? klo ngga booking seat, ada kesempatan tidak bisa naik kereta kah karena seat nya penuh? thnks

Medio said...

Pemesanan tiket kereta Point to Point itu sudah termasuk biaya reservasi, artinya kita pasti dapat tempat duduk, tapi duduknya dulu2an dengan penumpang lain. Kalau mau pilih posisi duduk, ada small fee yg harus kita bayar. Contohnya di rute Zurich-Munchen saya bayar 9 EUR untuk 1 kode pemesanan (5 orang).

Unknown said...

Info sangat membantu dalam pencarian tiket murah.
Terima kasih.

Anonymous said...

Hii
Reservasi seat untuk tiket jarak jauh harus di stasionnya ya apa bisa di web jg?
Untuk tiket jungfraujoch, pakai swiss half fare anak2 free atau 50%. Dan untuk promo ini harus beli tiket di loket atau berlaku untuk online jg? Terima kasih

Medio said...

Semua reservasi yang saya lakukan adalah online. Untuk Jungfrau, waktu itu saya beli tiket di loket di stasiun Interlaken Ost (bisa juga di Interlaken West, malah di sini counternya lebih besar) dengan menunjukkan Swiss Half Fare yang dibeli online.

Seperti tertulis di blog saya, anak-anak yang pergi bersama orang dewasa pemilik half fare tiketnya FREE selama belum berumur 16 tahun.

Unknown said...

Saya suka sekali dengan blognya. Sangat lengkap :)
Saya juga berencana ke Swiss. Tapi apakah saya bisa menggunakan swiss half card apabila stay di swiss hanya 3 hari saja?

Unknown said...

Oya, saya juga mau tanya, kalau punya half fare, apa bisa pergi gratis dari Luzern ke Zurich menggunakan kereta? dan juga dari Luzern ke Engelberg?
Karena di swiss nanti saya hanya singgah di Luzern, Zurich, dan Engelberg utk ke Mt titlis
Apa dengan Half Fare itu dapat menjangkau ke semua daerah tsb dengan GRATIS termasuk bis, kapal, trem, dll?
atau bayar 50%?

Mohon info lengkapnya, Mba.. Terima kasih :)

Medio said...

Terimakasih sudah mampir ke blog saya. Swiss Half Fare Card berlaku untuk 1 bulan.

Medio said...

Sesuai namanya, half fare card (kartu setengah harga), hanya memberikan discount 50% untuk rute kereta, bis, boat (cruise), dan beberapa rute cable car. Pastikan aja sebelum membeli tiket menunjukkan Half Fare Card kepada petugas agar diberikan potongan 50%. Yg gratis itu adalah untuk anak2. Setiap 1 orang dewasa pemegang half fare card, anaknya (jika di bawah 16 tahun) gratis.

btw, saya laki2 bukan mbak :)

Cerita Dapron said...

Sangat bermanfaat infonya. Saya berencana ke swiss akhir April ini. Mohon info teknis pembelian Half Fare Cardnya. Apakah memungkinkan beli di aplikasi SBB? Kartunya dikirim fisik atau pakai kode/barcode?

Medio said...

Wah maaf telat baca komen dari 'Cerita Dapron' hehe...pasti sudah balik dari Swiss nih..

Post a Comment